9 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah Tanpa Ribet

Cara mengatasi mobil mogok
9 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Perjalanan Anda
November 12, 2016
mobil bekas murah dibawah 30 juta
Suzuki Forsa Mobil Bekas Murah Dibawah 30 Juta Layak Diperhitungkan
November 13, 2016

9 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah Tanpa Ribet

cara ganti oli mobil

Cara ganti Oli Mobil – Setiap kendaraan harus mengganti oli secara berkala, entah dibawa ke bengkel, ataupun mengganti sendiri. Oli mesin adalah salah satu faktor yang menjadikan mesin menjadi awet, dan tahan lama. Keterlambatan dalam menggati oli mesin, sangat berpengaruh besar dalam ketahanan mesin itu sendiri. Seharusnya menggati oli mesin itu harus dilakukan secara berkala.

Periode atau tahap penggantian oli mesin tidak sama antara mobil satu dengan yang lainnya. Akan tetapi, penggantian oli mesin itu sendiri ditentukan seberapa jauh jarak yang kita tempuh, dan bagaimana kita memperlakukan kendaraan kita sehari-hari. Misalkan anda punya dua mobil, pada saat bersamaan, anda mengganti oli mesinnya. Akan tetapi, mobil pertama sering anda gunakan dengan muatan berlebih dan sering melewati medan yang berat. Pada mobil yang kedua, anda gunakan hanya untuk keperluan sehari-hari saja. Maka mobil pertama perlu mengganti oli lebih cepat dari pada mobil yang kedua.

Mengganti oli dan saringan oli mesin, adalah salah satu hal terpenting yang harus anda lakukan, untuk menjaga kondisi mesin mobil anda supaya awet. Seiring dengan waktu, oli mesin akan menurun kualitasnya, dan saringan oli akan penuh dengan kotoran. Jangka waktu untuk ganti oli berkisar antara 5000 km atau 3 bulan atau sesuai dengan petunjuk batas ganti oli dari kendaraan anda.

Sebenarnya, ada cara ganti oli mobil dengan mudah di rumah. Asalkan ada kemauan pada diri kita, hanya saja kadang kita merasa malas untuk mengerjakannya, dan menyerahkannya kepada bengkel. Akan tetapi, bukankah ke bengkel akan mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar menggati oli. Pada kesempatan ini, saya akan membagikan bagaimana cara mengganti oli mobil yang dapat kita lakukan sendiri dirumah.

Inilah 9 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah Tanpa Ribet

Perhatikanlah langkah-langkah berikut dibawah ini untuk cara mudah ganti oli mobil anda:

  1. Persiapkanlah alat-alat

Cara ganti oli mobil point pertama adalah Persiapkanlah alat dulu yang akan digunakan, seperti kunci untuk membuka baut oli, wadah penampung oli bekas dan persiapkanlah oli baru yang sesuai dengan tipe mesin kendaraan anda.

  1. Dinginkan mesin anda

Tujuannya adalah biar suhu oli turun dan tidak panas. Kalau panas, itu berbahaya, karena bisa melukai anda. Suhu optimal untuk mengganti oli berkisar antara 35 derajat celsius.

  1. Buka knop atau penutup mesin

Buka knop atau penutup mesin, yang biasa untuk mengisi oli mesin, sehingga udara bisa masuk dan mempercepat pengurasan oli.

Baca juga : 9 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah perjalanan Anda

  1. Buka baut penguras oli

Buka baut penguras oli yang terdapat pada bagian bawah blok mesin menggunakan kunci pas. Biasanya, pada baut penguras ini terdapat ring atau gasket. Pastikan gasket tersebut lepas, kemudian bersihkan gasket tersebut, bilamana perlu diganti, maka gantilah.

  1. Lepaskan filter oli

Lepaskan filter oli menggunakan kunci pas. Sebaiknya gunakan kunci pas khusus buat filter oli, agar baut yang terdapat pada filter oli tidak cepat rusak.

Filter oli biasanya berbentuk bulat, namun ada beberapa merk mobil khususnya mobil Eropa, seperti Volvo, VW, Mercedes benz, Audy, Renault, Minicooper, Ferrari dan lainya, filter olinya berbentuk cardridge. Pastikan gasket ikut terlepas. Jika tidak terlepas, saat memasang saringan oli, ada kemungkinan lagi terjadi kebocoran.

Cara Mudah ganti Oli Mobil

Apabila filter oli sudah menunjukkan gejala rusak, atau banyak kotoran yang menyumbat, maka ambillah filter oli yang baru. Kemudian lumasi filter oli dan gasket dengan pelumas atau oli yang baru.

  1. Tutup kembali baut penguras oli

Setelah semua oli terkuras, tutup kembali baut penguras. Jangan lupa periksa gasket atau perpaknya. Apabila gasketnya sudah rusak, gantilah dengan yang baru, supaya tidak terjadi kebocoran oli.

  1. Pasang kembali filter oli

Saat memasang kembali filter oli, pastikan bahwa baut dan filter oli tersebut masuk kedalam ulir pada jalur yang benar. Caranya putar terlebih dahulu dengan tangan, setelah agak keras, baru menggunakan kunci untu mengkencangkannya. Perlu diperhatikan, saat mengencang baut ini, jangan terlalu keras, karena akan merusak ulir. Jika ulir rusak, maka akan terjadi kebocoran, dan berisiko merusak mesin mobil anda.

  1. Masukkan oli

Masukkan oli yang baru melalui lubang mesin dari atas, dan tutup knop penutup sampai kencang.  Kemudian periksa bagian mesin bawah, pastikan tidak ada kebocoran oli pada mesin mobil anda. Kebutuhan oli tiap mobil berbeda-beda, maka perhatikanlah batas maksimalnya.

  1. Hidupkan mesin

Cara ganti oli mobil terakhir adalah Hidupkan mesin mobil anda, kurang lebih 3 sampai 5 menit, supaya oli merata dan bersirkulasi. Kemudian mobil baru dijalakan.

Demikianlah cara ganti oli mobil yang bisa dilakukan di rumah dari penulis. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Semoga cara mudah mengganti oli yang saya berikan menambah ilmu dan bermanfaat bagi pembacanya.

Salam otomotif – Classic Leather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: