tips hemat BBM
Tips Hemat BBM dari PT. Nissan Motor
December 11, 2016
tips mencegah mabuk perjalanan
Tips Mencegah Mabuk Perjalanan
December 13, 2016

4 Tips Cara Merawat Kopling Mobil

cara merawat kopling mobil

Cara Merawat Kopling Mobil  – Dalam merawat kopling sebenarnya tidak ada yang istimewa atau perawatan khusus selama mobil belum genap 100 ribu kilometer, karena berdasarkan pengalaman selama rutin ganti oli dan mengendarai mobil dengan benar maka kopling akan lebih awet, kecuali jika memang medan jalan tidak rata dan memang beban kendaraan sering meleibihi kapasitas.

Sitem kopling yang pada mobil dengan transmisi manual terletak antara mesin dan transmisi, sistem kopling berfungsi untuk memutus dan menyambungkan tenaga mesin ke roda melalui komponen transmisi.

Berikut beberapa tips cara merawat kopling Mobil agar lebih awet

  1. Jangan menekan kopling terus menerus

Menekan kopling secara terus menerus akan membuat plat matahari kopling jadi cepat aus pada clutch cover dan mempercepat kerusakan pada komponen release bearing.

  1. Tidak menahan mobil dengan menekan setengah kopling

Ketika sedang berjibaku dengan kemacetan di tanjakan maka jangan sampai menahan mobil dengan menekan setengah kopling untuk menahan mobil Anda, tapi gunakan hand rem atau rem tromol, menahan setengah kopling untuk menahan mobil saat berada di kondisi kemacetan pada tanjakan akan mengakibatkan kampas dan umur kampas kopling akan cepat habis.

Selain itu juga permukaan komponen pressure plate pada cover clutch dan permukaan pada roda gila akan ikut terkikis habis.

  1. Tidak melepas kopling dengan cara kasar

Melepas kopling dengan cara kasar tentu akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan komponen plat kopling, permukaan plat kopling yang tidak rata ini bisa menyebabkan kopling terasa bergetar saat terhubung dari biasanya. Bahkan pada kendaraan yang membawa beban berat bisa membuat plat-plat yang ada pada kampas kopling putus.

  1. Rawat sistem kopling

Perawatan sistem kopling bertujuan agar kopling akan lebih awet dan tidak ada masalah kopling yang merepotkan di jalan.

Rawatlah kopling dengan memeriksa kemungkinan dari kebocoran minyak kopling yang ada pada mobil dengan minyak kopling, terutama periksalah master kopling bagian bawah dari kebocoram minyak kopling karena beban minyak berada pada kopling bagian bawah saat kita menginjak pedal kopling.

Untuk mobil xenia atau avanza dengan tali kopling rutinlah memeriksa setelan pedal kopling. Kemudian ketika terlihat oli bocor dari sambungan bagian mesin dan transmisi, segeralah mangganti seal crankshaft belakang karena jika dibiarkan maka bisa menjadi kopling selip karena basah oleh oli.

Kesimpulan Cara Merawat Kopling Mobil

Panjang tidaknya umur komponen mobil tergantung bagaimana Anda mengendarai mobil, selain itu perawatan mobil secara berkala akan membuat kopling akan lebih awet.

Demikian Cara Merawat Kopling Mobil semoga bisa bermanfaat bagi Anda, rawatlah mobil Anda dan berkendaralah dengan baik di jalan.

Salam Otomotif – Classic Leather Spesialist Sarung Jok Mobil Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: