Daihatsu Terios
Inilah Spesifikasi Daihatsu Terios Yang Tangguh di Segala Medan
December 7, 2016
Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu
5 Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu
December 10, 2016

6 Ciri Mobil Bekas Banjir

ciri mobil bekas banjir

Ciri mobil bekas banjir – Pada bulan desember ini, memang waktunya musim hujan. Musim hujan yang pasti terjadi di Indonesia membuat genangan air dimana-mana, terutama di daerah perkotaan yang belum memiliki drainase yang baik, sehingga air juga menggenangi jalan-jalan. Tengoklah daerah ibukota negara kita yaitu Jakarta, musim hujan banyak daerah ini menjadi langganan banjir.

Dalam membeli mobil bekas memang seharusnya kita memperhatikan kondisi mobil yang akan kita beli, terutama anda harus tahu cara mengetahui mobil bekas banjir, karena kita memang harus waspada terhadap sejarah mobil tersebut. Meskipun mobil tersebut terlihat kinclong dan mulus dari eksteriornya, tapi belum tentu bebas dari masalah, karena dibalik tampilan yang terlihat baru ternyata menyimpan beragam masalah dikemudian hari, dan hal ini tentu akan sangat merugikan, karena Anda harus merogoh kocek untuk memperbaiki mobil tersebut.

Penjual mobil atau oknum penjual mobil yang nakal bisa saja menyembunyikan kondisi mobil bekas banjir ini, dan tidak menjelaskan fakta bahwa mobil tersebut bekas banjir. Jika Anda tidak jeli dengan kondisi mobil maka Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki mobil bekas banjir.

Ciri mobil bekas banjir memang tidak bisa hanya dilihat dengan kasap mata saja, Anda harus lebih teliti agar tidak mendapatkan mobil bekas banjir. Oleh karena itu Anda harus tahu manakah mobil bekas banjir dan tidak.

Inilah Ciri Mobil Bekas Banjir menurut Jokkulitmurah.com

  1. Perhatikan dimana asal mobil

Ciri mobil bekas banjir yang pertama, Asal sebuah mobil bisa dicek dari STNKnya, coba perhatikan apakah asal mobil tersebut termasuk daerah yang merupakan daerah langganan banjir, daerah yang rawan banjir adalah jakarta. Memang tidak semua wilayah jakarta merupakan daerah banjir, tapi setidaknya Anda harus lebih waspada dengan membeli mobil bekas di daerah ini.

  1. Rasakan aroma bagian kabin

Saat pertama masuk ke dalam kabin mobil yang bekas terendam banjir dalam kurun waktu berhari-hari, biasanya memiliki bau yang apek, aroma lembab dan terasa bau lumpur, jika melihat tanda-tanda ini, boleh dicurigai mobil ini adalah mobil bekas banjir sampai ke bagian interior. Bau yang tidak sedap ini ditimbulkan oleh air yang menggenangi kabin dan meresap ke dalam busa jok mobil.

kabin bekas banjir

Gambar 1. Kabin bekas banjir

Bagi oknum penjual yang nakal mungkin bisa mengakalinya dengan menggunakan wewangian yang berlebihan, jika setelah masuk kabin anda mendapati bau menyengat seperti ini, Anda harus curiga jangan-jangan mobil ini sebenarnya mobil bekas banjir, agar tidak bau apek maka si penjual nakal memberikan parfum wewangian yang berlebihan.

  1. Periksa bagian karpet mobil

Masih di bagian kabin, cobalah untuk mengecek karpet dasar mobil, cobalah untuk mengangkat karpet tersebut, apakah ada noda atau pasir bekas banjir atau tidak. Pastikan kondisi karpet masih terlihat baru sesuai dengan tahun pembuatan mobil bekas tersebut. Penggantian beberapa bagian dengan komponen atau aksesoris baru adalah hal yang lumrah dilakukan oleh penjual mobil bekas pada umumnya, oleh karena itu Anda harus teliti dan jangan terkecoh.

  1. Cek seluruh kelistrikan

Ciri mobil bekas banjir berikutnya tentu bisa dilhat dari sistem kelistrikan mobil tersebut, mobil yang pernah terendam banjir biasanya memiliki masalah dengan kelistrikan. Oleh karena itu pastikan sistem dan fitur elektronik dalam mobil tidak ada masalah.

Lakukan test drive mobil tersebut sambil mengecek lampu utama,  lampu sein, lampu dalam kabin, central lock, power window, radio tape, lampu pada dashboard, wiper, sekering dan lain-lain. Lakukan dengan berulang-ulang untuk memastikan kondisi kelistrikan memang dalam kondisi baik.

Baca Juga :  Inilah Spesifikasi Daihatsu Terios Yang Tangguh di Segala Medan

  1. Minta bantuan mekanik

Jika memiliki kenalan atau teman yang berprofesi sebagai mekanik, sangat dianjurkan untuk mengajaknya dalam memilih mobil, seorang mekanik pasti lebih paham tentang mesin mobil, sehingga bisa membantu Anda untuk mengecek mesin atau bagian lainnya.

Tentu saja dengan pengalamannya, mekanik yang berpengalaman bisa lebih mengenali mobil yang bekas terendam banjir atau bukan dari pada orang awam.

Perlu diketahui kekurangan membeli mobil bekas banjir adalah menghilangkan garansi mobil yang masih dalam masa garansi. Tentu saja sangat merugikan bukan?

  1. Harga yang tidak wajar

Mendengar mobil dengan kondisi mulus tapi ditawarkan dengan harga tidak wajar atau terlalu murah, Anda perlu curiga jangan-jangan mobil ini adalah mobil yang bermasalah atau bekas banjir. Dengan tujuan untuk mempercepat menjual mobil ini, maka penjual akan menjual dengan harga yang sangat murah dan memindahkan masalah dalam mobil tersebut ke tangan Anda.

Alih-alih mendapat mobil murah berkualitas malah anda akan direpotkan karena mendapatkan mobil bekas banjir yang bermasalah.

Kesimpulan ciri mobil bekas banjir yang perlu Anda ketahui

Ketika Anda mendapatkan salah satu tanda mobil bekas diatas, Anda sebaiknya mengurungkan niat untuk membeli mobil tersebut, terkadang benar atau tidaknya perasaan Anda, jika sudah feeling maka lebih baik urungkan untuk membeli mobil tersebut atau beralih ke mobil yang lain. Jika membawa kenalan mekanik ini lebih baik karena akan memberikan saran yang terbaik untuk Anda.

Demikian ciri mobil bekas Anda yang akan membeli mobil bekas, semoga bisa bermangfaat dan jangan lupa tetap menjaga kewasapaan dalam memilih mobil bekas.

Salam Otomotif – Classic Leather Spesialis Sarung Jok Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: