Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

harga daihatsu xenia 2012 bekas
Harga Daihatsu Xenia 2012 Bekas Terbaru
December 19, 2016
Inilah Perbedaan Type Suzuki Ertiga GA, GL dan GX
December 26, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

Honda Mobilio - Honda Mobilio MPV Layak di Pertimbangkan

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan – Ada banyak mitos mengenai mobil dengan sitem penggerak tertentu yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil.  Selama ini, di dunia mengenal tiga jenis penggerak mobil yang populer. Sistem penggerak tersebut adalah penggerak roda depan (FWD), penggerak roda belakang (RWD), dan penggerak empat roda (4WD / AWD). Semua sistem penggerak ini mempunyai kontruksi, dan karateristik yang berbeda satu sama lain.

Jika anda berencana membeli mobil baru anda harus tahu Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan – Anda mau membeli mobil baru atau bekas? Jangan lupa untuk mempertimbangkan sistem penggerak, dengan sistem penggerak roda depan (FWD) atau dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) atau sistem penggerak 4 roda (4WD). Yang manakah yang anda harus pilih, FWD apa RWD atau 4WD? Sebelum anda membeli mobil, cari tahu dulu, tentang kelebihan dan kekurangan baik FWD, RWD atau 4WD.

Salah satu mobil katagori low MPV di Indonesia yang paling dicari adalah Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio. Mobil tersebut menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD), berbeda dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang mengadopsi sistem penggerak roda belakang (RWD). Jika Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio menggunakan penggerak roda depan, mari kita ulas secara mendalam kelebihan dan kekurangan sistem penggerak roda depan, roda belakang, atau empat roda !

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

Mobil Berpenggerak Roda Depan (FWD) – Di mana mesin akan menyalurkan tenaganya  keroda depan mobil. Di mobil ini, as roda depan lansung terhubung dengan dan mesin tanpa harus melalui propeler dan diferensial. Oleh sebab itu, mobil dengan sistem ini jumlah komponennya lebih sedikit dari pada mobil berpenggerak roda belakang.

Kelebihan Mobil Berpenggerak Roda Depan (FWD)

Mobil berpenggerak roda depan biasanya lebih irit BBM, karena bobot lebih ringan dari sitem penggerak lain. Kelebihan mekanis mobil berpenggerak roda depan saat tenaga mesin diteruskan ke roda adalah yang terkecil, sehingga terasa tenaga akan lebih besar. Posisi mesin yang searah dengan roda, lebih meringankan beban mesin, sehingga irit konsumsi BBM.

spesifikasi suzuki ertiga

Gambar 1. Suzuki Ertiga merupakan mobil dengan penggerak roda depan

Mobil ini juga bisa memberikan nilai plus di bagian kabin, karena kabin bisa di buat rata, sehingga membuat nyaman penumpang. Selain itu, mobil berpenggerak roda depan lebih senyap dari pada mobil berpenggerak roda belakang, karena tidak ada suara dari gardan.

Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Depan (FWD)

Mobil dengan sitem penggerak roda depan (FWD), biasanya sistem kaki-kaki tak seawet mobil berpenggerak roda belakang, karena roda depan bekerja lebih keras. Selain sebagai penggerak, roda depan juga sebagai pengarah mobil. Mobil dengan sistem penggerak roda depan juga tidak bertenaga di tanjakan bila diadu dengan mobil berpenggerak roda belakang (RWD).

Baca juga – Harga Daihatsu Xenia 2012 Bekas Terbaru

Resiko understeer dengan sistem FWD lebih besar dari pada sistem RWD. Pada kecepatan tinggi, mobil di belokan kekiri atau kanan, mobil sepertinya tak mau belok dan mobil cenderung lurus menuju sisi luar belokan, inilah yang di sebut understeer yang memicu kecelakan. Understeer bisa diminimalisir dengan mengurangi injakan pedal gas pada saat mobil belok dikecepatan tinggi.

Berbagai macam system penggerak mobil

Mobil Berenggerak Roda Belakang (RWD) – Mobil dengan penggerak roda belakang adalah mobil yang roda belakangnya mendapatkan tenaga dari mesin. Sementara roda depan murni hanya untuk mengarahkan saja.  Ada gardan yang diletakkan dibelakang untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Keunggulan mobil penggerak roda belakang (RWD)

Mobil RWD lebih tahan banting, khususnya untuk melibas jalan jelek, karena roda belakang hanya khusus untuk maju dan mundur. Radius putar mobil RWD bisa lebih patah karena tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Kerja power steereng lebih enteng karena ban depan hanya bertugas untuk mengarahkan saja. Mobil RWD kalau di jalan menanjak akan lebih tangguh dibanding mobil FWD.

harga daihatsu xenia 2012 bekas

Gmbar 1. Toyota Avanza merupakan mobil dengan penggerak roda belakang

Kekurangan mobil penggerak roda belakang (RWD)

Bobot mobil RWD lebih berat dibanding dengan FWD, karena mobil RWD komponenya lebih banyak ketimbang mobil FWD. Biasanya mobil RWD mempunyai tonjolan di tengah sehingga memakan ruang kabin. Mobil RWD biasanya mempunyai ruang bagasi yang kecil di banding dengan mobil FWD. Untuk konsumsi bahan bakar, mobil RWD lebih boros dari pada mobil FWD. Untuk dipengendalian, mobil RWD mempunyai kecenderungan over steer atau kata orang awam ngepooot.

Mobil Berpenggerak Empat Roda (4WD / AWD ) – Mobil berpenggerak empat roda adalah semua roda mendapatkan tenaga dari mesin. Sistem penggerak ini dibagi menjadi dua tergantung kebutuhan. Part time four wheel drive (4WD) dan all time wheel drive (AWD). Perbedaannya antara 4WD da n AWD adalah jika 4WD dalam kondisi jalan normal, mesin hanya menggerakkan roda depan atau roda belakang saja. Barulah bila sudah di butuhkan, mobil bisa di rubah menjadi penggerak empat roda. Kalau AWD, semua roda mendapatkan roda secara permanen dan tidak dapat dirubah.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

Gambar 2. Mitsubishi Strada merupakan mobil dengan system penggerak 4 roda

Kelebihan Penggerak Empat Roda (4WD / AWD)

Traksi maksimal, karena semua roda mendapatkan tenaga dari mesin. Jika satu roda selilp, maka, tenaga akan di transfer ke roda yang lain agar mobil tetap stabil. Mobil ini, cocok untuk semua medan, baik off road ataupun on road.

Kekurangan Mobil Penggerak Empat Roda (4WD / AWD)

Mobil 4WD / AWD bobotnya lebih berat dari pada mobil FWD ataupun RWD, untuk konsumsi bahan bakar juga lebih boros.

Demikian sekilas informasi tentang Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan yang bisa penulis sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat untuk anda.

Salam sukses  –  Classic Leather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: