6 Keunggulan Toyota Avanza Veloz Layak Dipertimbangkan

uji coba toyota camry
Inilah Toyota Camry Teranyar dengan Velg Baru – Classic Leather
November 3, 2016
Cara mengatasi mobil mogok
9 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Perjalanan Anda
November 12, 2016

6 Keunggulan Toyota Avanza Veloz Layak Dipertimbangkan

6 Keunggulan Toyota Avanza Veloz Layak Dipertimbangkan

Keunggulan Toyota Avanza Veloz – Toyota Menyebutkan dimasa depan, mobil-mobil dengan dual VVT-I akan semakin banyak dipakai. Karena itulah mereka mulai menggunakan mesin pada Avanza dan Avanza Veloz. Toyota Avanza Veloz merupan varian tertinggi dari mobil sejuta umat All New Avanza. Harga Toyota Avanza Veloz sendiri saat ini sudah pada dikisaran harga Rp 195 juta-an. Bukan harga yang murah untuk kelas mobil Low MPV. Lantas kelebihan apa saja Toyota Avanza Veloz ini hingga layak dihargai cukup tinggi.

Di Indonesia dan Malaysia, Toyota Avanza Veloz bukan lagi merupakan wajah yang asing. Meski diluar kawasan Asia Tenggara, dan Afrika tak sedikit yang belum pernah mendengar namanya. Dengan dimensi 4.140 mm x 1.660 mm x 1.695 Toyota Avanza Veloz tidak cukup propolsional, sebab tinggi dan lebarnya tidak berimbang.

Sebagai sebuah mobil yang menjadi pelopor Low MPV di Indonesia saat itu. Mobil Low MPV memang tak banyak ditawarkan selain harganya murah (Avanza-Xenia). Dengan kehadiran kompetitor Dou Avanza-Xenia mencoba berbenah dengan desain yang lebih baik. Jika dibandingkan dengan Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio. Avanza bisa dibilang masi bertahan pada posisi semula. Yang sekedar mengedepankan sebagai fungsi alat transportasi pribadi yang terjangkau untuk masyarakat.

Sejarah Toyota Avanza Veloz

Meski popularitas Avanza lebih melejit dibanding saudaranya Xenia. Namun yang tak banyak diketahui orang adalah sebenarnya justru Xenia lah yang merupakan cikal bakal dari Avanza dan Avanza Veloz. Generasi pertama pelopor Low MPV ini dibangun oleh PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR INDONESIA, dan di jual di negara Malaysia juga.

Mobil yang lahir di Indonesia ini, yang berpatokan pada kondisi lokal masyarakat Indonesia. Malah mengejutkan, dan mendapatkan respon yang luar biasa ketika di export. Negara tersebut adalah Filiphina, Thailand, Malaysia, Afrika, Pakistan, dan Brunai. Jika dibanding dengan generasi pertama. Maka Toyota Avanza Veloz mengalami penambahan panjang, panjangnya sekitar 20 mm, dan lebar 30 mm. Sedangkan tingginya, masi sama seperti generasi pertama.

Menurut Iwan Abdurahman, dari Technical Service Division PT. TOYOTA ASTRA MOTOR ada beberapa keunggulan pada mesin baru Toyota Avanza Veloz yang diberi kode 1NR-VE (1.300cc) dan 2NR-VE (1.500cc), keunggulannya adalah sebagai berikut :

  1. Dual VVT-I
Mesin veloz

DUAL VVT-I

Teknologi mesin ini bisa ditemui di mobil-mobil Toyota yang high end.  Dual VVT-I mengatur penyesuain waktu atau timing pada camhaft dan exhaust. Teknologi dual katup ini memungkinkan untuk memaksimalkan torsi pada setiap rpm. Selain mobil menjadi lebih smooth, dan irit bensin hingga 15%. Emisi yang dihasilkan oleh teknologi ini pun memiliki emisi yang lebih bersih.

  1. Busi Iridium

Seperti yang disebutkan tadi, mesin NR pada Avanza Veloz menggunakan dual VVT-I. Salah satu komponen baru yang ada dimesin adalah pemilihan busi Iridium. Busi yang ada di mobil lama, adalah busi biasa (busi konvensional). Di mesin NR memakai busi iridium. Dari sisi harga, busi Iridium lebih mahal dari busi biasa. Dari segi ketangguhan, busi Iridium lebih tangguh. Jika busi biasa 20.000 km harus diganti, tapi untuk busi Iridium 100.000 km baru diganti. Busi biasa perlu perawatan, seperti sering dibersihin, kalau busi Iridium, tidak perlu perawatan.

  1. Injektor Bensin

Dibanding dengan mesin Avanza yang lama, yakni K3, mesin NR memiliki lubang injektor yang lebih banyak dua kalilipat. Pada mesin baru, total lubang ada 8 lubang Injektor. Dengan banyak lubang, maka lubangnya dikecilin, Injektor lebih kecil. Maka semburan bensin lebih halus, bensin lebih cepat terbakar. Jadi, nyalanya mesin lebih mudah dan lebih efisien.

  1. Sensor Knocking

Untuk sensor Knocking (ngelitik) pada Avanza lama, sensornya memiliki narrow band, jadi tidak semua bisa dideteksi. Sementara pada Avanza yang baru, sensornya memakai wide band. Sensor model wide band, ngelitik yang kecil hingga yang gede, bisa di deteksi. Sehingga variasi bahan bakar bisa diatur.

  1. Immobilizer

Darai sisi keaman anti maling, mobil sudah memakai Immobilizer, kecuali tipe E. Untuk tipe G dan Veloz, Immobilizer sudah ada. Pada dasarnya, Immobilizer adalah anti maling. Mobil ini, hanya bisa dihidupkan dengan nomor kunci yang sudah terdaftar dikomputer mobilnya. Kalau pakai kunci duplikatpun, mobil tidak akan bisa hidup.

Baca juga – 7 Langkah Mudah Mengendarai Mobil Matic

  1. Drive By Ware

Pada Avanza lama, pedal gas menggunakan kabel biasa, untuk  menghubungkan pedal akselerasi kemesin. Avanza Veloz, menggunakan Drive By ware. Dengan menggunakan sistem Drive By ware, mobil melaju dengan smoot tidak ada hentakan. Walaupun pengemudi menginjak pedal dengan tiba-tiba dan tidak ada lonjakan akibat torque shock.

Performa Toyota Avanza veloz

Jika dilihat spesifikasi Avanza Veloz yang mengusung empat silinder yang berkapasitas 1.5 liter dengan transmisi matic atau manual. Avanza Veloz ini perlu waktu sekitar 15 detik untuk beranjak dari diam hingga menuju kecepatan 100 km/jam. Untuk konsumsi BBM, Avanza ini terbilang irit. Untuk Avanza dengan transmisi matic konsumsi BBM 1 liter/13 km dalam kondisi jalan luar kota. Tapi untuk konsumsi dalam kota (alias macet), 1 liter/7,5 km.

Demikian keunggulan Toyota Avanza Veloz yang bisa saya infokan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menambah ilmu bagi yang  membacanya.

Salam sukses – Classic Leather

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: