Jangan Panik! Inilah 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

penyebab mesin mobil cepat panas
Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas
December 4, 2016
Daihatsu Terios
Inilah Spesifikasi Daihatsu Terios Yang Tangguh di Segala Medan
December 7, 2016

Jangan Panik! Inilah 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

penyebab ac mobil tidak dingin

Penyebab ac mobil tidak dingin – Anda pasti akan merasa aneh ketika ac mobil yang anda kendarai ternyata tidak terasa dingin sama sekali, masalah ac yang tidak dingin akan menjadi masalah yang serius saat Anda berada di jalan dengan kondisi macet atau cuaca panas. Sebenarnya panas atau tidaknya ac mobil juga bisa dipengaruhi oleh faktor cuaca di luar kabin mobil Anda.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, perbedaan antara suhu dalam dan luar kabin itu sekitar 10 derajat celcius. Misalnya jika suhu di luar kabin mencapai 32 derajat celcius atau suhu normal maka suhu dalam kabin hanya 20 – 22 derajat celcius saja.

Setelah mengalami hal ac mobil tidak dingin maka, timbul apa penyebab ac mobil tidak dingin dibenaik Anda.

Inilah Penyebab Ac mobil tidak dingin

  1. Drive belt yang putus

Drive belt atau fan belt ac berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke putaran kompresor ac. Jika drive belt ini putus maka akan menyebabkan ac tidak dingin karena fungsinya yang terganggu.

  1. Freon berkurang

Cairan freon yang berkurang adalah penyebab utama ac mobil kurang dingin, berkurangnya freon ini terjadi disebabkan karena kebocoran sistem AC. Kebocoran Ac bisa terjadi dalam ukuran yang sangat kecil dan hanya terjadi pada tekanan tertentu, misalnya pada tekanan 120 psi tekanan tinggi, pada tekanan tersebut kebocoran mungkin bisa terhenti, sehingga freon tidak sampai habis. Jika kebocoran ini terjadi akan menyebabkan ac mobil kurang tidak dingin, sedangkan yang mnyebabkan ac mobil tidak dingin adalah cairan freon yang habis.

  1. Kondensor dan radiator yang kotor

Permukaan kondensor atau radiator yang kotor bisa diakibatkan oleh debu, karatan atau sirip pada permukaan yang tertekuk, hal ini akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor menjadi tidak sempurna, oleh karena itu menyebabkan proses kondensasi tidak berjalan sempurna.

  1. Motor cooling fan mati, putaran lemah atau terbalik

Jika motor cooling fan ataupun extra fan bermasalah maka mengakibatkan putaran lemah atau mati pada komponen ini, hal ini mengakibatkan pembuangan panas dari kondensor tidak berjalan dengan baik, apalagi jika putaran motor cooling fan terbalik maka hembusan angin akan mengarah ke depan mobil bukan sebaliknya.

  1. Tekanan dalam sistem Ac yang berlebihan

Tekanan dalam sistem ac yang berlebihan akan menyebabkan over head pada sistem AC sehingga high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke field coil yang mengarah dari magnetic clutch, untuk kompresor AC yang dilengkapi dengan temperature switch jika terjadi over heating maka komponen ini berfungsi untuk memutus arus listrik menuju ke spull magnetic clutch.

  1. Kompresor Aus

kompresor ac mobilKompresor Ac mobil yang aus biasanya ditandai dengan tekanan yang tidak normal pada kompresor, akan menimbulkan bunyi dari kompresor saat ac hidup, hal ini adalah tanda kompresor AC yang sudah aus, mengakibatkan sigh glass akan terlihat hitam, receiver dryer dan katup expansi tersumbat.

  1. Evaporator kotor atau tersumbat

Kotoran yang terdapat pada permukaan evaporator disebabkan oleh debu yang dihisap oleh komponen blower yang kemudian menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara dihembuskan oleh blower ac menjadi tersumbat, hal ini menhgakibatkan hembusan angin ac kurang kencang dari biasanya. Bisa juga disebabkan oleh filter ac yang penuh debu karena tidak rutin membersihkannya.

  1. Saluran pembuangan air kondensasi yang tersumbat

Jika saluran komponen ini tersumbat oleh kotoranm maka rumah evaporasi akan penuh dengan air, air ini berasal dari hasil kondensi pada permukaan evaporator, pada rumah evap akan berbembun dan cairan akan menetes ke bawah dashboard membasahi karpet kabin. Selain menyebabkan cairan atau air yang menetes, jika air ini memenuhi rumah evap maka akan mengakibatkan hembusan angin dari blower ini berkurang.

Baca juga : Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

  1. Terjadi overheating

Temperature yang terlalu tinggi atau overheating  juga merupakan penyebab ac mobil tidak dingin, naiknya temperature pada mesin mobil tidak lepas dari masalah dari kipas radiator atau kipas kondensor yang mati.

  1. Pemakian freon

Pada beberapa kasus ac mobil tidak dingin juga diakibatkan oleh kualitas rendah freon oleh karena itu jangan tergiur dengan harga murah.

Kesimpulan Peyebab AC Mobil Tidak Dingin

Mungkin masih banyak hal penyebab ac mobil tidak dingin yang tidak diulas oleh penulis, setelah membaca artikel ini setidaknya anda paham apakah ada masalah dengan ac mobil anda. Jika mengetahui masalah dengan ac mobil kesayangan Anda, sebaiknya langsung bawa mobil anda ke bengkel terdekat agar tidak menjalar ke komponen lain.

Salam Otomotif – Classic Leather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: