11 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal – Classic Leather

tips membeli mobil baru
12 Tips Membeli Mobil Baru agar Tidak Salah Pilih – Classic Leather
October 27, 2016
Cara mengendarai mobil matic
7 Langkah Mudah Cara Mengendarai Mobil Matic – Classic Leather
November 3, 2016

11 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal – Classic Leather

Tips membeli mobil bekas agar tidak menyesal

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal – Sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil. Tentu saja banyak hal perlu anda pikirkan. Baik dari segi keuangan anda, alasan mengapa Anda membeli mobil atau yang lainnya. Maka membelilah mobil  yang sesuai dengan kemampuan anda. Kalau keuangan anda mencukupi untuk membeli mobil bekas. Maka, yang anda cermati terlebih dahulu sebelum anda membeli mobil. Terlebih lagi jika mobil bekas. Tentu, perlakuan akan berbeda dengan membeli mobil baru, yang sudah terjamin kualitasnya.

Cermat dalam memilih mobil bekas. Merupakan hal yang terpenting bagi setiap calon pembeli. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Yang membuat anda merasa galau, bahkan menyesal dikemudian hari. Membeli mobil bekas, memang sangat berbeda dengan membeli mobil baru. Jika mobil baru, dengan mudahnya anda temui di showroom terdekat dari rumah anda. Kalau mobil bekas, anda bisa membeli kepada perorangan yang menjual mobil bekas. Bila anda ingin membeli mobil bekas, waspadalah. Ada kemungkinan besar, sang penjual mobil tersebut berlaku tidak jujur kepada calon pembeli, seperti, penjual menawarkan harga tinggi kepada calon pembeli. Padahal mobil yang dijual, tidak sesuai dengan kualitas mobil bekas yang ia jual.

Penjual mobil bekas, tentunya sudah mempunyai cara tersendiri, supaya mobil bekas yang ia jual cepat laku, dan dibeli oleh konsumen. Oleh karena itu, sebagai pembeli, harus cermat, teliti, saat memilih mobil bekas yang anda inginkan. Agar anda tidak menyesal, bahkan galau setelah membeli mobil bekas, saya, mempunyai Tips Membeli Mobil Bekas untuk anda.

Inilah Tips Membeli Mobil Bekas sebagai berikut :

  1. Latar belakang mobil

Jika memungkinkan, cobalah untuk menelusuri riwayat mobil tersebut. Dan cari tau, kenapa mobil tersebut dijual. Apakah mobil tersebut sudah pernah kecelakaan, atau pernah terendam banjir. Siapa pemilik sebelumnya, dan lain sebagainya. Jangan lupa, untuk mengamati mobil tersebut secara detail, bahkan teliti, baik interior, maupun eksteriornya.

  1. Carilah mobil yang masih mulus

Sebaiknya, carilah mobil bekas yang masih mulus. Jangan mobil yang bekas kecelakaan atau tabrakan. Hal ini, untuk mengantisipasi, supaya, anda tidak menyesal dikemudian hari. Karena, mobil bekas kecelakaan, akan menimbulkan masalah-masalah yang banyak.  Adapun ciri mobil bekas kecelakaan adalah mobil kelihatan sudah tidak presisi lagi, banyak dempulan, dan tidak mulus lagi. Untuk mengecek mobil yang banyak dempulan. Ada cara sederhana untuk mengeceknya. Cukup gunakan magnet, untuk mengecek mobil tersebut, apabila ngambang (magnet tidak nempel), berarti mobil tersebut, banyak dempulnya.

Baca juga : 12 Tips Membeli Mobil Baru agar Tidak Salah Pilih – Classic Leather

  1. Mintalah bantuan teman yang mengerti mesin mobil

Jika anda, kurang paham tentang dunia mesin mobil. Sebaiknya, anda mengajak teman yang mengerti tentang mesin mobil. Supaya membantu anda, dalam memilih kondisi mesin mobil bekas yang anda inginkan.

  1. Lakukan test drive

Meskipun mobil bekas, harga mobil bekas, masih dikisaran puluhan juta, bahkan ratusan juta. Oleh karena itu, anda harus  teliti, cermat dalam memilih mobil bekas. Agar tidak menyesal, lakukanlah test drive sebelum anda membeli  mobil bekas tersebut. Mobil yang masih bagus, biasanya, suara mesin terdengar halus. Kaki-kaki dan suspensi masi empuk, dan tidak menimbulkan bunyi.

  1. Cek jarak tempuh

Agar anda terhindar dari mobil bekas rental, atau mobil bekas sewaan. Sebaiknya, anda periksa jarak tempuh mobil tersebut. Lihat, dan amati jarak tempuh mobil. Bila jarak tempuh tersebut, tidak berbanding lurus dengan mobil pembuatanya, maka, sebaiknya anda berpikir ulang untuk membeli mobil tersebut. Pada umumnya, mobil pribadi, biasanya menempuh jarak antara 15000 sampai 20000 kilometer tiap tahun.

  1. Cek panel dasboard dan lampu indikator

Mintalah penjual mobil bekas, untuk menyalakan mesin. Lalu cek semua fungsi panel dan lampu indikator yang terdapat pada dasbord mobil bekas tersebut. Pastikanlah bahwa, semua panel tersebut berfungsi semua sesuai dengan fungsinya.

  1. Fitur entertaiment

Meskipun mobil bekas. Mobil keluaran tahun 2000-an, biasanya sudah mempunyai kelengkapan entertaiment seperti, pemutar cd, tv portable, port usb, air conditioner (AC) dan lain sebagainya. Jika anda mendapatkan fitur-fitur tersebut, itu nilai plus untuk mobil bekas tersebut.

  1. Estimasi pengeluaran servir dan suku cadang

Tentunya, selain anda mengeluarkan uang untuk membeli mobil bekas tersebut. Anda juga, mengkalkulasi biaya servir mobil bekas tersebut. Oleh sebab itu, jika anda, menemui banyak masalah di mobil bekas yang anda incar. Seperti suara mesin terdengar kasar, tranmisi mesin yang bermasalah, dan lain sebagainya. Saya sarankan untuk anda, baiknya anda mencari mobil bekas lain.

  1. Plafon dan kabin

Sebelum anda membeli mobil bekas. Maka, ceklah terlebih dahulu plafon, dan kabin mobil tersebut. Pastikan kedua hal tersebut masih dalam keadaan baik. Apabila plafon mobil tersebut, sudah tipis, bahkan rusak. Maka suhu didalam mobil, akan terasa panas pada saat siang hari.

Baca juga : 12 Tips Membeli Mobil Baru agar Tidak Salah Pilih

  1. Perkakas

Jangan lupa, anda bertanya kepada sang penjual. Perkakas apa saja yang dijual bersama mobil tersebut. Mobil dengan perlengkapan perkakas standart, seperti, dongkrak, obeng, dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga dapat menghemat uang anda, karena anda tidak perlu beli perkakas baru di toko peralatan mobil.

  1. Surat-surat kendaraan (BPKB dan STNK)
BPKB KENDARAAN

BPKB KENDARAAN BERMOTOR

Pastikan, mobil bekas yang anda incar. Mobil tersebut memiliki dokumen, serta surat-surat kendaraan yang asli (BPKB dan STNK). Pastikan juga, nomer rangka, dan nomer mesin sesuai dengan BPKB dan STNK. Selain itu, pastikan pajak kendaraan tersebut masih berlaku. Supaya anda terhindar dari kesulitan mengurus adminitrasi. Seperti, mutasi, dan pengurusan balik nama kendaraan menjadi nama sendiri.

Demikian beberapa tips membeli mobil bekas yang mungkin bisa anda lakukan. Semoga anda cermat, teliti, dan hati-hati dalam mimilih mobil bekas yang anda inginkan.

Salam Otomotif – Classic Leatther

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: