Anda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Inilah Perbedaan Type Suzuki Ertiga GA, GL dan GX
December 26, 2016
Tips Mengendarai Mobil saat Hujan
Inilah Tips Mengendarai Mobil saat Hujan
December 29, 2016

Anda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

tips merawat mobil saat musim hujan

Car in heavy rain

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan– Indonesia yang merupakan daerah tropis tentu memiliki curah hujan tinggi, air hujan yang memilki kandungan garam bisa merusak permukaan cat mobil Anda, bila hal ini didiamkan terlalu lama maka bisa membuat permukaan body mobil Anda berkarat.

Waktu hujan yang menyenangkan karena dingin dan segar harus tetap diwaspadai oleh pengendara mobil, jika ingin cat mobil dan komponen mobil Anda awet, maka Anda harus memberikan perawatan ekstra untuk mobil kesayangan Anda. Ada berbagai macam perawatan yang harus Anda lakukan untuk menjaga mobil Anda dalam keadaan baik di musim hujan.

Musim hujan adalah musim yang membuat mobil lebih cepat rusak, hal ini terjadi karena air hujan yang mengandung garam dapat merusak permukaan cat dan bagian lainnya dari mobil Anda, jika didiamkan terlalu lama maka dapat membuat permukaan mobil Anda berkarat dan mobil akan lebih cepat kotor karena cipratan air. Bagaimana marawat mobil ketika hujan, berikut tipsnya:

Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

1. Jangan biarkan air hujan mengering

Setelah mobil Anda kehujanan maka segeralah cuci dengan air bersih, membiarkan air hujan mengering akan merusak cat mobil Anda, gunakan sabun khusus pencuci mobil dan spons khusus yang halus untuk mencuci mobil Anda, setelah bersih keringkan dengan kap chamois.

2. Periksa bagian komponen mesin

Setelah hujan atau kena banjir sebaiknya periksa mobil Anda, pada umumnya banyak pengendara yang mengelap bagian luar mobilnya saja tanpa mengecek bagian mesin. Sebaiknya Anda juga periksa bagian mesin mobil Anda, air yang bisa masuk pada celah kecil bisa membuat mobil mogok karena merembes ke area pembakaran yang terdapat busi. Cek bagian mesin setelah kehujanan agar Anda tidak kelabakan saat hendak memakai mobil karena mogok.

3. Semprotkan silicon spray

Semprotkan silikon spray secara berkala, mobil memiliki bagian karet atau kaca dari beberapa sisinya, jika bagian karet ini sering kehujanan lalu kepanasan maka lambat laun akan cepat rusak. Oleh karena itu sebaiknya semprotkan cairan ini secara berkala, agar karet tetap awet dan lentur.

4. Tambahkan karpet pencegah jamur

Lengkapi lantai dengan karpet tambahan, saat musim hujan telah tiba, penumpang akan membawa alas kaki yang basah dan kotor, kemudian membasahi lantai mobil Anda kemudian mengakibatkan lantai mobil Anda kotor dan berjamur. Oleh karena itu tambahkan karpet untuk melindungi lantai mobil dari kotoran dan jamur yang mudah tumbuh di area lembab dan basah.

Baca juga : Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual bagi Pemula

5. Letakkan mobil di garasi yang aman tertutup

Letakkan mobil di garasi sesudah di cuci, setelah mencuci mobil kesayangan Anda dan mengeringkannya, jangan lupa untuk memasukannya ke dalam garasi. Apalagi saat musim hujan, jangan sampai mobil yang telah dicuci bersih kemudian kena air hujan kembali. Garasi juga melindungi mobil Anda dari paparan sinar matahari langsung.

Demikian 5 tips merawat mobil saat musim hujan yang harus Anda ketahui, rawatlah mobil Anda agar mobil Anda lebih awet, sehingga tidak mogok saat akan digunakan.

Salam Otomotif – Classic Leather Seat Spesialis Sarung Jok Mobil

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: