Inilah Tips Mengendarai Mobil saat Hujan

tips merawat mobil saat musim hujan
Anda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan
December 29, 2016
cara merawat jok kulit asli
Gampang! Inilah Cara Merawat Jok Kulit Asli – Classic Leather Seat
December 30, 2016

Inilah Tips Mengendarai Mobil saat Hujan

Tips Mengendarai Mobil saat Hujan

Tips mengendarai mobil saat hujan – Indonesia adalah negara tropis yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, oleh karena itu Anda harus tetap waspada saat mengendari mobil saat hujan. Apalagi jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus, jika tidak hati-hati maka mobil Anda akan mudah tergelincir yang mengakibatkan kecelakaan.

Jika dalam keadaan jalan kering memang gampang melihat kondisi jalan. Tapi sebaliknya jika hujan di tengah perjalanan Anda maka Anda harus memperhatikan beberapa tips mengendarai mobil saat hujan berikut ini:

Inilah Tips Mengendarai Mobil saat Hujan

1. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima

Ketika Anda berkendara disaat hujan, tidak hanya kondisi si pengemudi yang dalam keadaan prima, melainkan kondisi mobil atau kendaraan juga harus dalam keadaan prima. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah cek kondisi ban, saat mengendarai kendaraan saat hujan, ban harus dalam keadaan baik, salah satunya adalah memiliki tekanan angin yang sesuai dengan standart dan kembangan yang masih bagus.

Tekanan ban yang pas membuat mobil tidak mudah tergelincir atau terasa melayang diatas air (aquaplaning). Cara mengetahui tekanan air pas atau tidak Anda bisa cek di buku manual mobil Anda, tidak hanya di buku manual tapi juga di stiker petunjuk yang biasanya tertera di balik tutup tangki atau di dashboard kabin.

2. Tambah jarak aman dengan kendaraan lain

Saat dalam keadaan basah maka jarak aman akan bertambah dibanding saat jalan dalam kondisi kering, saat jalan dalam kondidi kering maka jarak aman adalah sekitar 2 detik dari kendaraan di depan Anda, sedangkan saat kondisi jalan basah maka jarak aman menjadi 3 sampai 4 detik, hal ini terjadi karena dalam kondisi basah jarak pengereman dari mobil berjalan hingga berhenti menjadi lebih panjang dari biasanya. Selain itu menjaga jarak juga berguna untuk menghindari cipratan lumpur  atau air dari kendaraan di depan Anda.

3. Kurangi kecepatan

Untuk mengurangi resiko kecelakaan, maka Anda harus mengurangi kecepatan karena saat kodisi hujan atau jalan basah maka jalan akan licin dan membuat ban mudah selip, selain itu mengurangi kecepatan juga berguna agar mobil lebih mudah dikendalikan.

4. Nyalakan lampu utama dan hindari penggunaan lampu hazard

Jika jarak pandang berkurang atau sulit melihat objek/kendaraan lain di depan, maka dianjurakan untuk menyalakan lampu utama kendaraan Anda. Meski tidak banyak membantu untuk melihat kondisi jalan, tapi setidaknya membantu pengendara lain baik kendaraan di belakang, di depan atau berlawanan dengan posisi mobil Anda.

Jangan pernah menyalakan lampu hazard karena akan mengakibatkan pengendara di belakangnya kurang peka terhadap lampu rem yang menyala saat Anda memperlambat laju kendaraan. Menggunakan lampu hazard juga akan membuat bingung kendaraan lain saat Anda berbelok.

Baca juga : Anda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

5. Berhentilah saat hujan sangat lebat

Jika kondisi hujan semakin lebat dan jarak pandang semakin pendek, atau wiper sudah tidak bisa membantu kaca depan cepat jernih, maka itu adalah tanda bahwa Anda harus berhenti atau menepi untuk beristirahat sejenak menunggu setidaknya intesitas hujan mengecil.

Jangan paksakan diri untuk terus berjalan saat Anda tidak bisa melihat kondisi jalan dengan jelas, menepilah di tempat yang aman serta tidak mengganggu lalu lintas jalan. Saat Anda berhenti di tepi jalan, Anda baru bisa menyalakan lampu hazard yang menandakan bahwa ada mobil yang berhenti.

Demikian Tips mengendarai mobil saat hujan, semoga bisa bermanfaat di tengah perjalanan Anda.

Salam Otomotif – Classic Leather Seat Spesialis Sarung Jok Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: