Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Daihatsu sigra - Spesifikasi daihatsu sigra
Inilah Spesifikasi Daihatsu Sigra Low MPV
December 3, 2016
penyebab ac mobil tidak dingin
Jangan Panik! Inilah 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin
December 5, 2016

Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

penyebab mesin mobil cepat panas

Penyebab mesin mobil cepat panas – Jika anda mengalami mesin mobil Anda terasa panas dari biasanya, maka ini adalah warning bagi Anda. Apalagi jika mesin mobil Anda cepat panas. Jangan sampai Anda meremehkan hal ini, karena jika dibiarkan, maka bisa berakibat parah bagi mobil Anda. Yang paling parah adalah bisa mengakibatkan mobil kebakaran dan berakibat kecelakaan bagi Anda.

Mesin mobil yang kepanasan juga bisa membuat mobil mogok yang disebabkan oleh coil yang bermasalah. Coil sering bermasalah karena mesin terlalu panas, kemudian mesin bisa hidup kembali saat mobil sudah dingin.

Mesin mobil cepat panas biasanya karena mobil dalam keadaan sudah berumur atau sudah lanjut usia, tapi hal ini juga bisa terjadi pada mesin mobil yang masih baru, karena ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebelum mereka menjual mobil dalam kodisi baru pakai, namun spare partnya banyak yang mereka ganti agar mendapatkan keuntungan lebih. Apalagi spare part yang mereka ganti ada hubungannya dengan mesin. Oleh karena itu jika Anda membeli mobil bekas harus berhati-hati.

Baca Juga : 11 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal

Inilah beberapa faktor yang penyebab mesin mobil cepat panas

  1. Radiator dan selang
  2. Cairan radiator
  3. Kualitas oli
  4. Oli berkurang
  5. Kipas pendingin bermasalah
  6. Gangguan yang terjadi pada mesin
  7. Thermostat

Inilah ulasan penyebab mesin mobil cepat panas

  1. Radiator dan selang

Anda harus rutin mengecek dan memastikan bahwa radiator dalam kondisi baik yaitu, tidak bocor, tidak tersumbat oleh kotoran dan tidak berkerak. Hal ini juga berlaku untuk selang radiatornya juga. Jika radiator dalam kodisi kurang bagus maka bawalah ke spesialis radiator atau jika memiki budget lebih sebaiknya ganti dengan yang baru. Dalam kodisi baik air radiator sebenarnya jarang sekali berkurang.

  1. Cairan radiator
ganti cairan radiator

Mengganti cairan radiator standart

Menggunakan air biasa memang membuat pengularan berkuarang, tapi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerak apalagi air biasa mengandung banyak logam atau mineral. Hal ini bisa menyebabkan kerak pada elemen radiator.

Belilah cairan radiator pabrikan berkualitas yang memang khusus untuk mobil Anda. Berbedaannya sangat terlihat, jika dalam satu bulan menggunakan menggunakan cairan biasa maka air biasa akan berubah menjadi keruh. Jangan lupa agar mengganti air radiator secara berkala.

  1. Lualitas oli & volume oli cepat berkurang

Menggunakan oli yang tidak berkualitas maka akan menyebabkan mobil cepat panas, oli yang tidak berkualitas memiliki kekurangan yaitu tidak tahan terhadap panas. Karena tidak tahan terhadap panas maka oli akan cepat berkurang karena menguap menyerap panas. Jika Anda tidak menyadarinya maka volume oli akan berkurang drastis, volume oli yang berkurang menyebabkan kinerja mesin lebih kasar karena suplai oli ke ruang mesin berkurang dan menyebabkan gesekan. Gesekan yang terus menerus maka akan membuat mesin Anda cepat panas. Hal lain yang menyebabkan oli cepat berkurang. Penyebab oli berkurang lainnya adalah mesin bocor dan gas buang yang jelek seperti asap putih.

  1. Kipas pendingin bermasalah

Jika point sebelumnya tidak ada masalah, maka pastikan kipas pendingin dalam keadaan baik. Pastikan bahwa switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin juga berfungsi. Penyebab mesin panas bisa jadi karena putaran kipas lemah dan switching otomatis yang rusak.

Baca juga : Cara Mengatasi Rem Mobil Masuk Angin

  1. Gangguan pada mesin mobil

Banyak faktor yang menyebabkan mesin mobil bermasalah seperti point-point sebelumnya, tapi gangguan atau kerusakan mesin bisa dihindari jika kita merawat mobil dengan rutin.

  1. Thermostat

Thermostat adalah indikator yang terdapat pada dashboard mobil yang berfungsi sebagai indikator suhu pada mesin, pastikan kondisi thermostat dalam kondisi baik, kodisi thermostat yang tidak normal tidak akan memberikan informasi yang akurat kondisi mesin mobil Anda.

Kesimpulan penyebab mesin mobil cepat panas

Penyebab mesin mobil cepat panas memang beragam, dari kurang oli sampai gangguan pada mesin mobil. Mobil yang cepat panas sebenarnya bisa dirasakan pada performa mesin mobil yang menurun atau mobil gampang mogok di tengah jalan. Solusinya adalah rutinlah service mobil Anda dan gantilah part yang memang sudah waktunya diganti.

Salam Otomotif – Classic Leather

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: