8 Tips Merawat Cat Mobil Agar Lebih Tahan Lama

tips memilih jok mobil kulit
4 Tips Memilih Jok Mobil Kulit Anda
October 21, 2016
bahaya menggunakan ban vulkanisir
Bahaya Menggunakan Ban Vulkanisir – Classic Leather
October 25, 2016

8 Tips Merawat Cat Mobil Agar Lebih Tahan Lama

tips merawat cat mobil

Tips Merawat Cat Mobil – Bagian eksterior mobil adalah salah satu bagian yang terlihat oleh orang lain saat Anda kendarai, Anda tentu ingin mobil kesayangan anda, memiliki cat yang mengkilap tidak pudar meskipun umur kendaraan Anda tergolong lama. Tentu saja mobil dengan cat yang terawat dan mengkilap merupakan kebanggaan sendiri.

Mobil pada zaman sekarang merupakan gaya hidup, mudahnya memiliki kendaraan ini dengan sistem kredit, membuat tumbuhnya pengguna mobil di Indonesia. Kondisi lingkungan tanah air yang sering hujan, panas dan berdebu membuat mobil Anda harus lebih sering dicuci minimal seminggu sekali, namun sebagian besar pengendara mobil tidak tahu bagaimana cara merawat cat mobil yang benar.

Banyak dari pengendara mobil tidak tahu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap, mulus dan tidak pudar. Padahal jika tahu caranya, perawatan yang perlu Anda pelajari sangat sederhana. Jika Anda berkantong tebal tidak masalah mengganti cat lama yang pudar dengan cat baru, padahal jika perawatan cat mobil benar maka penggantian cat tidak perlu dilakukan. Penggantian cat tentu membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Pada postingan kali ini, classic leather akan memberikan beberapa tips merawat cat mobil Anda lebih awet dan mengkilap. Sehingga cat mobil tahan lebih lama.

Berikut 8 Tips merawat cat mobil. Check It Out!!!

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Tips merawat cat mobil yang pertama adalah hindari pacaran sinar matahari langsung. Pancaran sinar matahari langsung akan membuat cat Anda rusak dan kusam lebih cepat. Saat Anda akan memakirkan mobil di jalan atau di manapun, carilah tempat parkir yang teduh, apalagi Anda sudah memperkirakan akan memparkirkan kendaraaan Anda dalam waktu lama. Tapi jika terpaksa tempat parkir yang teduh tidak ada di sekitar Anda tidak ada, Anda bisa menggunakan sarung mobil untuk menutup body mobil Anda.

Jika Anda suka jalan-jalan ke mall, pilihlah mall yang memang memiliki tempat parkir yang tertutup.

  1. Menggunakan Shampoo Khusus

Kandungan dalam shampoo khusus memiliki kandungan yang khusus untuk cat mobil. Jangan sampai menggunakan deterjen atau sabun colek untuk mencuci mobil Anda, sifatnya yang panas akan membuat cat memudar. Penggunaan sabun colek dan deterjen dalam waktu lama akan merusak struktur cat menjadi pudar dan timbul bercak-bercak pada cat mobil Anda.

Gunakan pula busa yang memiliki permukaan halus saat terkena air, gunakan busa yang memang khusus untuk mencuci mobil. Meskipun untuk mencuci mobil, jangan sampai menggunakan kain kasar karena akan merusak permukaan cat, apalagi saat cat dalam keadaan basah.

kit shampoo

Sekarang telah banyak produk shampoo dan busa untuk mencuci mobil yang beredar pasaran, jika Anda ingin repot dengan mencuci sendiri mobil Anda, sebaiknya belilah shampoo yang khusus untuk mobil Anda agar cat Anda lebih awet.

  1. Menggunakan Kain Halus

Setelah hujan atau mencuci mobil jangan lupa untuk mengeringkan body mobil dengan lap kanibo atau chamois, gunakan lap yang memiliki permukaan halus. Hindari menggunakan menggunakan lap atau kain dengan bahan kasar.

Pastikan lap yang Anda gunakan dalam keadaan bersih, karena jika dalam keadaan kotor atau bekas minyak, akan membuat goresan kecil dan minyak yang menempel dalam lap akan membuat bekas bercak, hal ini malah bukannya membersihkan malah membuat 2 kali pekerjaan Anda.

  1. Lap body mobil dalam keadaan basah

Kondisi mobil yang kering saat dilap akan membuat goresan kecil dan bercak, karena jika melap body dalam keadaan kotor atau kering masih terdapat partikel debu atau kerikil. Kedua partikel tersebut bisa menempel saat Anda mengendarai mobil Anda. Saat Anda melap mobil dalam kondisi ini, Anda akan menekan lap saat melap mobil dengan keadaan kotor atau kering, saat seperti inilah mengakibatkan goresan kecil pada permukaan mobil.

  1. Menggunakan Cairan Kit

Jangan lupa gunakan cairan kit khusus cat mobil untuk mengkilapkan cat mobil Anda, lakukan setelah melap mobil Anda sampai kering dan bersih. Lap body mobil Anda dengan cara memutar searah jarum jam. Cairan kit atau pelumas khusus ini akan melindungi cat mobil Anda cepat pudar dan mengkilapkan cat mobil Anda.

  1. Lakukan dengan Teratur

Cuci mobil Anda secara teratur minimal seminggu sekali saat musim kemarau atau setiap kali dan lebih sering saat musim hujan tiba. Setelah mobil Anda kehujanan sebaiknya langsung basuh dengan air bersih karena air hujan ternyata mengandung asam yang cukup tinggi, kandungan asam ini akan mempercepat pudarnya cat mobil Anda. Membasuh mobil Anda dengan air bersih akan menghilangkan kandugan asam dari air hujan

  1. Gunakan Kompon

Seiring dengan umur cat mobil, meskipun sudah teratur merawat cat mobil tetap saja, cat juga memiliki ketahanan terhadap kerusakan atau pemudaran cat. Cat akan menjadi kusam dan terdapat goresan kecil di area tertentu, nah area yang terkena goresan kecil tersebutlah yang sebaiknya Anda kompon. Kandungan kompon bisa menghilangkan goresan kecil pada permukaan cat.

Cuci mobil Anda atau bersihkan area yang akan dikompon, kemudian kompon permukaan cat mobil yang tergores menggunakan lap halus menggunakan chamois atau kanebo. Lap dengan memutar searah dengan jarum jam, lakukan dengan hati-hati dan pelan sampai permukaan cat yang tergores mulai rata dengan permukaan cat lainnya.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Jok Kulit Mobil Anda

  1. Hindari parkir di tempat terbuka saat malam hari

Jika Anda memakir mobil di malam hari maka akan muncul embun di body mobil Anda, sifat embun ini bisa memudarkan cat mobil Anda. Jika dibiairkan terus menerus dalam waktu lama akan membuat cat mobil Anda retak – retak kecil. Meskipun dalam malam hari, tutup mobil Anda dengan sarung mobil agar embun tidak langsung ke mobil Anda. Atau atur rumah Anda agar memiliki garasi mobil.

Membiarkan kendaraan Anda diluar tanpa penutup juga mengundang debu dan kotoran lainnya menempel di body mobil Anda.

Demikian tips merawat cat mobil Anda

Sesibuk apapun diri Anda dengan aktifitas Anda, jangan sepelekan untuk merawat mobil Anda. Mobil yang terawat tentunya akan membuat Anda senang mengendarai mobil Anda.

Salam Otomotif – Classic Leather

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: